Ubiquitous Computing


1.Ubiquitous Computing
         Ubiquitous Computing adalah suatu sistem yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer secara kontinyu, dimana saja, kapan saja dan bagaimana saja.
2.Ubiquitous Computing Menurut Pendapat Ilmuan.
           Mark Weiser menjelaskan Ubiquitous Computing merupakan sebuah model/konsep interaksi manusia-komputer yang paling canggih dan modern, dimana proses informasi keduanya diintegrasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, seseorang yang “menggunakan” Ubiquitous Computing melibatkan banyak sistem komputasi berikut device (peralatan/mesin)-nya, namun secara tidak sadar dia menggunakan peralatan tersebut dikarenakan sudah sangat membaur dengan lingkungannya.

3.Peranan Ubiquitous Computing Dalam Kehidupan Sehari-hari
        Sebuah lingkungan Ubiquitous Computing yang menghubungkan kontrol penerangan (lampu) dan pemanas ruangan dengan alat yang dipasang pada pakaian kita sehingga kondisi penerangan dan suhu ruangan dapat dimodulasi secara terus-menerus dan tak kentara. 


4. 5 Contoh Ubiquitous Computing 
Handphone
Elearning
Mobil
Ruangan
Kulkas

5.Kelebihan dan Kekurangan 

 a.Handphone
   -Kelebihan
  kita dapat mengakses informasi dimana saja dengan gadget yang dimiliki seperti handphone, smartphone, tablet.
  -Kekurangan
         penyalahgunaan kemudahan mengakses informasi. Contoh, mengakses informasi tentang soal yang sedang diujikan pada saat ujian.

 b.Elearning
   -Kelebihan
            Memberikan kemudahan bagi seluruh mahasiswa untuk belajar tanpa harus datang ke kampus.
   -Kekurangan
           Membuat mahasiswa malas belajar karena proses pembelajaran tak’ diawasi atau dibimbing, dan membuat komunikasi antara dosen dan mahasiswa kurang baik.

 c.Mobil
  -Kelebihan
           Mobil sang engineer telah dilengkapi dengan sebuah badge pintar berisi microchip jadi Saat mobilnya mendekati gerbang pagar rumah dan pemancar mengenali kendaraan tersebut secara otomatis gerbang akan terbuka.
  -Kekurangan
  hanya mobil tertentu saja yang bisa membuka gerbang pagar rumah

ž d.Ruangan
  -Kelebihan
            Ruangan yang dipasang device pemancar yang secara otomatis akan mengaktifkan serangkaian sensor pada saat ia memasuki ruang kerjanya akan terbuka secara otomatis.
  -Kekurangan
   Terjadi pemborosan listrik yang berlebihan.

 e.Kulkas
  -Keuntungan
  kulkas yang berada dirumah kita yang terhubung dengan jaringan komputasi berskala besar, jika isi kulkas kosong, maka otomatis kulkas mengirim sinyal ke salah satu supermarket yang ada dalam jaringan melalui sensor yang dimilikinya, dan secara otomatis pihak supermarket mengisi kulkas anda tanpa perlu anda bersusah payah mengisinya sendiri.
  -Kekurangan
        Tidak semua barang bisa update, karena hanya barang tertentu yang bisa dipilih. 
Ubiquitous Computing
Item Reviewed: Ubiquitous Computing 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Komentar Terbaru

Just load it!